Tip singkat berikut ini akan menjelaskan dua cara yang dapat digunakan untuk melakukan konversi suhu dari satuan Kelvin ke satuan Fahrenheit atau sebaliknya dari Fahrenheit ke Kelvin.


Sebagaimana telah dijelaskan dalam posting Cara Mengubah Suhu Dari Satuan Celcius ke Fahrenheit Dan Sebaliknya Dengan Excel dan Cara Mengubah Suhu Dari Satuan Celcius ke Kelvin Dan Sebaliknya Dengan Excel, cara yang dilakukan dalam tip ini ialah menggunakan perhitungan rumus dan fungsi CONVERT.

Dalam contoh worksheet yang ditunjukkan dalam gambar diatas terdapat nilai satuan Kelvin yang akan dikonversikan yakni 100. Untuk cara pertama, nilai tersebut dikalikan dengan hasil pembagian 9 dan 5 kemudian dikurangi dengan nilai 459,67. Sedangkan untuk melakukan konversi kebalikannya, perhitungan yang dilakukan ialah menambahkan nilai Fahrenheit dengan nilai 459,67 untuk selanjutnya dikalikan dengan hasil dari pembagian antara 5 dan 9.

Cara kedua merupakan cara yang paling mudah yakni menggunakan fungsi CONVERT dimana argumen pertama adalah nilai satuan yang akan dikonversikan, argumen kedua merupakan satuannya dengan menuliskan huruf "K" untuk Kelvin sedangkan pada argumen ketiga adalah satuan yang akan dihasilkan sehingga dituliskan huruf "F" untuk Fahrenheit.