Tip singkat berikut ini akan menjelaskan dua cara mudah dan efektif yang dapat digunakan untuk melakukan konversi suhu dari satuan Celcius ke satuan Fahrenheit  atau sebaliknya dari Fahrenheit ke Celcius. Adapun cara pertama yakni menggunakan perhitungan rumus sederhana dan cara yang kedua menggunakan fungsi CONVERT dalam Excel.


Cara pertama untuk menghasilkan nilai Fahrenheit yakni mengalikan terlebih dahulu nilai dalam satuan Celcius dengan angka 1,8. Hasil perkalian tersebut kemudian ditambah dengan angka 32 seperti yang ditunjukkan dalam contoh worksheet pada gambar di atas.

Cara kedua menggunakan fungsi CONVERT dimana argumen pertama adalah nilai satuan yang akan dikonversikan, argumen kedua merupakan satuannya dengan menuliskan huruf "C" untuk Celcius sedangkan pada argumen ketiga adalah satuan yang akan dihasilkan sehingga dituliskan huruf "F" untuk Fahrenheit.

Untuk menghitung kebalikannya, langkah pertama yakni nilai Fahrenheit dapat terlebih dahulu dikurangi dengan angka 32 kemudian dikalikan dengan hasil pembagian antara 5 dan 9. Adapun cara yang lebih cepat dan mudah tentunya dengan menggunakan fungsi CONVERT.