Pada posting Cara Mengubah Suhu Dari Satuan Celcius ke Fahrenheit Dan Sebaliknya Dengan Excel telah dijelaskan 2 cara yang dapat dilakukan yakni melalui perhitungan rumus dan fungsi CONVERT, tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara mengubah satuan Celcius menjadi Kelvin atau sebaliknya dari Kelvin ke Celcius dengan menggunakan kedua cara tersebut.


Cara pertama menggunakan perhitungan rumus sangatlah mudah dan cepat yaitu dengan menambahkan angka 273,15 pada nilai Celcius untuk menghasilkan nilai Kelvin, sedangkan kebalikannya yaitu untuk menghasilkan nilai Celcius, maka nilai Kelvin dikurangi dengan angka tersebut.

Cara kedua menggunakan fungsi CONVERT dimana argumen pertama adalah nilai satuan yang akan dikonversikan, argumen kedua merupakan satuannya dengan menuliskan huruf "C" untuk Celcius sedangkan pada argumen ketiga adalah satuan yang akan dihasilkan sehingga dituliskan huruf "K" untuk Kelvin.

Untuk mendapatkan output berupa hasil pembulatan, maka anda dapat mengubah format sel menjadi 'Number' melalui shortcut key tombol CTRL+1 dengan mengatur 'Decimal places:' menjadi 0 untuk menghilangkan angka desimalnya.