Printer yang anda miliki dapat anda gunakan untuk mencetak data Excel anda menjadi sebuah booklet atau buku kecil dimana data tersebut dicetak pada kedua sisi halaman kertas untuk selanjutnya dilipat dan di-steples di bagian tengah/lipatan tersebut.

Tip berikut ini akan menjelaskan cara ngeprint bolak balik di Excel menggunakan layout halaman booklet yang merupakan salah satu fungsi printer yang saya pakai yakni Printer Canon iP1880. Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda ikuti seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

cara print booklet

Cara Print Booklet

  1. Dalam contoh tersebut terdapat suatu worksheet yang dapat anda buatkan juga baris judul untuk dapat dicetak lagi di halaman berikutnya secara otomatis menggunakan menu Print Titles melalui menu ribbon Page Layout > Page Setup. Kemudian klik tombol pada kotak isian 'Rows to repeat at top:' lalu pilih barisnya. Klik OK.
  2. Buka kotak dialog Page Setup, tentukan berapa persen hasil printout dari ukuran normalnya. Dalam contoh saya buat 130% pada kotak isian 'Adjust to:'.
  3. Pada tab Margins, tandai centang 'Horizontally' di bawah 'Center on page'. 
  4. Klik tombol 'Print Preview' jika anda ingin memeriksa hasil printout. untuk kembali ke tampilan worksheet klik menu 'Close Print Preview'.
  5. Bila perlu, anda juga dapat menambahkan nomor halaman melalui tab Header/Footer pada kotak dialog Page Setup dengan memilih Footer atau mengatur sendiri Custom Footer.
  6. Buka kotak dialog Print, klik tombol Properties untuk menyesuaikan pengaturan printer.


Setelah anda menjalankan perintah print, biarkan kertas dicetak sesuai dengan urutannya karena pada saat separuh halaman telah tercetak, maka akan muncul tampilan peringatan otomatis seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas agar anda menyiapkan sisi kertas lain yang belum dicetak. Ikuti petunjuk pemasangan kertas tersebut lalu klik OK.