Pivot Table dalam Excel tentunya akan terhubung dengan sumber data aslinya secara langsung. Bagi anda yang mungkin ingin menyajikan suatu laporan data kepada seseorang namun data aslinya tidak ingin anda sertakan, dengan kata lain hanya salinan laporannya saja berupa output data dari Pivot Table beserta format sel atau format tabelnya yang akan anda sajikan, terdapat sebuah solusi untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan cara melepaskan link/tautan Pivot Table dari sumber data aslinya.

Meskipun Excel tidak menyediakan menu khusus ataupun cara yang langsung, tip berikut ini memungkinkan anda untuk mendapatkan hasil salinan pivot table sesuai dengan aslinya dengan memanfaatkan fitur Clipboard dalam Excel.


Pada gambar di atas yang menunjukkan langkah-langkah pembuatan pivot table dalam worksheet, terdapat contoh sumber data tabel penjualan suatu produk yang terdiri dari 3 buah kolom. Anda dapat pula menyiapkan sumber data yang anda miliki sendiri beserta pivot table-nya.

Gambar kedua di bawah ini menunjukkan langkah-langkah melepaskan link pivot table dan menghasilkan salinannya dengan cara sebagai berikut:

  1. Blok/sorot pivot table.
  2. Buka panel Clipboard dengan cara klik icon panah di sudut grup menu Clipboard pada tab ribbon Home.
  3. Klik Copy atau tekan tombol CTRL+C pada keyboard.
  4. Klik pilihan menu 'Paste' kemudian pilih 'Paste Values'.
  5. Untuk menyalin format sesuai dengan pivot table, maka anda klik salinan yang ada pada panel Clipboard. Salinan pun telah berhasil anda buat dan anda kini dapat menghapus sumber data asli.