Custom Lists adalah fitur yang berfungsi untuk menyimpan daftar tertentu dalam Excel. Fitur ini dapat diakses melalui tombol Office > Excel Options > Popular > Edit Custom Lists...


Gambar yang ditunjukkan di atas merupakan ilustrasi penggunaan Custom Lists dimana terdapat contoh deretan bulan kalender yang akan disimpan. Kelebihan fitur Custom Lists ialah jika anda mengetik salah satu item daftar kemudian anda melakukan teknik 'Fill Handle' pada item tersebut, maka item lain pada sel-sel berikutnya akan ditampilkan secara otomatis menurut deretan daftar yang telah disimpan tadi.

Dalam contoh gambar di atas, saya membuat menu drop-down di sel G3 menggunakan Data Validation, namun cara ini hanya dapat mengacu pada barisan sel saja karena fitur Data Validation sendiri tidak memungkinkan untuk mengimpor daftar melalui Custom Lists.

Tip berikut ini akan menjelaskan cara membuat menu drop-down tersebut pada suatu sel dimana entri yang diizinkan hanya daftar yang terdapat pada Custom Lists. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, sel C3 berisi daftar yang mengambil sumber data kelima dari urutan Custom Lists sehingga angka 5 dituliskan pada perintah 'GetCustomListContents'.


Berikut ini susunan kode macro yang dapat anda tulis pada module baru:
Sub MenuDropDownCL()
Dim XX As String, YY As Integer
Dim ZZ As Variant
ZZ = Application.GetCustomListContents(5)
For YY = LBound(ZZ) To UBound(ZZ)
XX = XX & ZZ(YY) & ","
Next YY
XX = Mid(XX, 1, Len(XX) - 1)
With Range("C3").Validation
.Delete
.Add Type:=xlValidateList, _
AlertStyle:=xlValidAlertStop, _
Operator:=xlBetween, _
Formula1:=XX
.ErrorTitle = "Mohon maaf!"
.ErrorMessage = "Silakan masukkan data yang sesuai" & Chr(10) & _
"pada daftar menu drop-down."
.ShowError = True
End With
End Sub