Tip singkat berikut ini akan menunjukkan cara yang paling mudah dan efisien dalam Excel untuk memberikan baris-baris kosong jika dalam suatu kolom terdapat sel yang berisikan nilai yang tidak sama dengan nilai pada sel di bawahnya. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, gambar pertama menunjukkan worksheet sebelum kode macro dieksekusi dan hasilnya ditunjukkan oleh gambar kedua.



Adapun metode kode macro yang dapat digunakan adalah metode For dan Next dimana data tabel diurutkan berdasarkan kolom A (Grup) dan output yang akan dihasilkan adalah urutan grup yang dipisahkan baris kosong di setiap nama grupnya yang berbeda.

Jika dalam posting yang lalu tentang Cara Mengulangi Perintah Yang Sama Beberapa Kali dengan Macro Excel dilakukan dengan cara menentukan jumlah pengulangan perintah dari nilai awal hingga nilai akhir, begitu juga dalam perintah ini hanya saja jumlah pengulangan perintah tersebut disusun secara terbalik yaitu dengan mendahulukan nilai akhir. Dalam contoh gambar, baris terakhir sebagai titik awal yaitu baris 17 dan titik akhirnya yaitu baris 3.

Melalui kode macro ini setiap sel pada kolom A akan diperiksa Excel satu demi satu dari baris bawah hingga ke atas. Berikut susunan kode macro tersebut:
Sub TambahBaris()
Dim kosong As Long
For kosong = 17 To 3 Step -1
If Range("A" & kosong).Value <> Range("A" & kosong - 1) Then
Rows(kosong).Resize(1).Insert
End If
Next kosong
End Sub