Banyak diantara pengguna spreadsheet Excel lebih akrab menggunakan berbagai menu perintah worksheet dan bermacam-macam fungsi formula di dalamnya untuk membantu menangani pekerjaan. Namun dalam Excel, terdapat suatu aplikasi yakni Visual Basic Editor yang terpisah dari workbook Excel namun saling terhubung meskipun tidak ditemukan adanya kode pemrograman di dalam workbook tersebut. VBE dapat menjalankan fungsinya dibalik Excel dan keduanya saling bekerjasama dan bertukar informasi.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menampilkan VBE salah satunya yaitu dengan cara menekan tombol ALT+F11 pada keyboard. Dalam Excel versi 2003 anda dapat menampilkannya melalui menu Tools > Macro > Visual Basic Editor atau dengan cara klik icon VBE atau juga anda bisa klik-kanan pada sudut kanan atas jendela Excel (icon workbook tepat di samping kiri menu File) kemudian pilih View Code. Selain itu, di dalam semua versi Excel anda bisa juga klik kanan tab Sheet lalu pilih View Code. Adapun dalam versi tertentu seperti Excel 2007 hingga 2013 terdapat menu tab Developer yang berisi icon VBE yang dapat anda pilih.

Beberapa tip singkat berikut ini akan mengenalkan anda kepada VBE Excel dan dalam tip ini anda tidak memerlukan keahlian khusus dalam pemrograman Visual Basic.


Gambar di atas menunjukkan ilustrasi dalam mengaktifkan jendela-jendela dalam VBE dan gambar di bawah ini akan memberikan anda latihan sederhana dalam mengoperasikan worksheet melalui perintah VBE. Contohnya menghapus tulisan dalam suatu sel dengan menggunakan perintah pada jendela Immediate.