Rumus Excel Membuat Deretan Tanggal Kecuali Hari-Hari Tertentu

Untuk membuat deretan bilangan maupun tanggal ke dalam barisan sel Excel secara cepat dan otomatis dapat dilakukan dengan menggunakan teknik AutoFill yakni memasukkan bilangan tanggal pertama pada suatu sel kemudian menarik (drag mouse menggunakan klik kanan) pada satu titik di sudut kanan bawah (yang disebut Fill Handle) kepada sel-sel lainnya hingga memunculkan menu pintas.

Teknik AutoFill ini dapat digunakan untuk membuat deretan tanggal tertentu mengikuti bilangan pertamanya, keduanya, dan seterusnya, namun tidak dapat mengikuti sesuai dengan nama-nama atau bilangan hari tertentu. Tip berikut ini akan menjelaskan cara membuat suatu deretan tanggal-tanggal tanpa menyertakan hari-hari tertentu menggunakan fungsi IF dengan argumen WEEKDAY.

Fungsi WEEKDAY dalam Excel akan menghasilkan bilangan hari pada suatu bilangan tanggal di sel Excel. Adapun urutan bilangan hari dalam Excel ditetapkan sebagai berikut:
1=Minggu
2=Senin
3=Selasa
4=Rabu
5=Kamis
6=Jumat
7=Sabtu
Sebagai contoh anda dapat suatu deretan tanggal pada worksheet Excel dimulai dari sel A1 yaitu hari Senin tanggal 4 Januari 2016 (anda dapat membuat format sel tanggal tersebut menjadi: [$-421]dddd, d mmmm yyyy;@ melalui menu Format Cells > Number > Custom)
.
Adapun terdapat 3 hari libur atau hari yang akan dikecualikan yakni hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Jika hari pertama libur adalah hari Jumat maka bilangan hari yang ditulis dalam argumen IF ialah hari Kamis atau angka 5 (ditandai dengan warna merah pada rumus).

Jika hasil angka WEEKDAY pada sel tanggal tidak sama dengan angka 5 tersebut, maka tanggal akan ditambahkan dengan satu hari, tetapi jika hasil sama maka satu hari tersebut dapat ditambahkan sebanyak hari libur lainnya yaitu 3 hari sehingga 1 + 3 = 4 (ditandai dengan warna biru pada rumus).

Dengan demikian, rumus sederhananya dapat dituliskan sebagai berikut pada sel A2 kemudian disalinkan kepada sel-sel lainnya menggunakan teknik AutoFill:
=IF(WEEKDAY(A1)=5,A1+4,A1+1)