Rumus Excel Memisahkan Huruf/Angka Ke Dalam Sel Yang Terpisah

Dalam keperluan tertentu, worksheet Excel dapat digunakan untuk membuat suatu dokumen contohnya formulir atau form entri data dimana cara pengisian huruf-huruf maupun angka-angka yang dimasukkan harus dituliskan secara terpisah ke dalam masing-masing kotak isiannya.

Tip berikut ini akan memberikan contoh penerapan rumus sederhana yang dapat anda gunakan untuk memisahkan tiap huruf dan angka tersebut ke dalam kotak isian atau sel-sel yang terpisah. Pada contoh worksheet yang ditunjukkan dalam gambar di bawah ini terdapat teks di sel A1 yang akan dipecah tiap hurufnya.


Langkah Pertama: Membagi Jumlah Karakter Yang Ditampilkan Dimulai Dari Kiri Menurut Jumlah Kolom

Adapun rumus pertama pada sel B2 yakni fungsi LEFT dimana argumen pertama mengacu pada sel A1 dengan mengaktifkan acuan sel absolut (menekan tombol F4 satu kali pada keyboard) dan menuliskan argumen jumlah karakter yang ditampilkan sebanyak 1 karakter, namun dibantu dengan fungsi COLUMN sebagai acuan nomor kolom pada worksheet agar dapat menghasilkan output jumlah karakter secara berurutan pada saat rumus sel B2 disalinkan kepada sel-sel lainnya. Penulisan rumus di atas adalah sebagai berikut:
=LEFT($A$1,COLUMN()-1)

Langkah Kedua: Menampilkan Karakter Terakhir

Selanjutnya anda gunakan fungsi RIGHT dengan argumen pertamanya yaitu rumus yang telah dihasilkan di atas, sedangkan argumen keduanya yaitu jumlah karakter yang ditampilkan yaitu sebanyak 1 karakter. Berikut ini penulisan rumusnya:
=RIGHT(LEFT($A$1,COLUMN()-1),1))
Anda juga mungkin dapat menambahkan fungsi PROPER atau UPPER untuk mengubah huruf menjadi huruf kapital sehingga rumusnya menjadi:
=PROPER(RIGHT(LEFT($A$1,COLUMN()-1),1)))

Langkah Terakhir: Menggunakan Fungsi IF Untuk Memperbaiki Output

Setelah rumus di atas disalinkan kepada sel-sel lainnya, karakter terakhir akan tetap ditampilkan dalam sel-sel akhir yang tersalin sehingga output harus dibatasi sesuai dengan jumlah karakter pada teks di sel A1, contohnya dengan menggunakan fungsi IF dimana jika jumlah kolom lebih besar dari jumlah karakter teks di sel A1, maka output harus kosong ("") yang susunan rumusnya yaitu:
=IF(COLUMN()-1>LEN($A$1),"",PROPER(RIGHT(LEFT($A$1,COLUMN()-1),1)))

Jika anda ingin menambahkan beberapa kolom kosong seperti yang ditunjukkan pada gambar kedua di atas, maka anda harus menambahkan angka di kedua angka pengurang fungsi COLUMN (angka 1) sebanyak jumlah kolom kosong yang telah anda tambahkan. Dalam contoh, angka yang diubah telah ditandai dengan warna merah pada rumus berikut:
=IF(COLUMN()-3>LEN($A$1),"",PROPER(RIGHT(LEFT($A$1,COLUMN()-3),1)))
  1. Mantap... Sangat Membantu, terima kasih banyak Mas Yudi...

    ReplyDelete