Cara Mengatasi Hasil VLOOKUP Excel Error #N/A Menggunakan Conditional Formatting

Tip berikut ini akan menjelaskan cara memperbaiki permasalahan yang terkadang anda temukan di dalam Excel yakni sel yang menghasilkan nilai Error #N/A ketika menggunakan fungsi VLOOKUP maupun fungsi sejenis lainnya. Sebagai contoh, ditunjukkan pada gambar di bawah ini sel E2 berisi rumus yang akan memperlihatkan nilai menit dalam tabel A1:B12 sesuai dengan nama kegiatan yang dituliskan pada sel E1. Namun, sel E2 tersebut menghasilkan nilai error yang menandakan bahwa kegiatan 'latihan passing' tidak ditemukan dalam tabel.


Permasalahan tersebut dikarenakan kata dalam sel A6 telah diikuti dengan simbol spasi, meskipun kata pada sel E1 nampak telah sesuai dengan yang dituliskan dalam tabel, Excel akan tetap menghasilkan nilai error kecuali tulisan tersebut telah benar-benar sama persis penulisannya.


Cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki sel-sel yang terdapat kelebihan simbol spasi di akhir kata tersebut yaitu dengan mendeteksi sel-sel mana saja yang bermasalah menggunakan fungsi TRIM melalui perintah 'Conditional Formatting'. Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda ikuti:
  1. Letakkan pointer pada sel A2.
  2. Buka menu ribbon Home > Styles > Conditional Formatting > Manage Rules... 
  3. Pada kotak dialognya, klik 'New Rule...'
  4. Pilih 'Use a formula to determine...' di bawah pilihan 'Select a Rule Type:' pada kotak dialog 'New Formatting Rule'.
  5. Ketik rumus: =A2<>TRIM(A2) pada kotak isian di bawah 'Format values...'
  6. Klik tombol 'Format...' lalu buka tab 'Fill' pada kotak dialog 'Format Cells' dan pilih warna penanda sesuai dengan keinginan. Klik OK.
  7. Klik OK untuk menutup kotak dialog 'Edit Formatting Rule'.
  8. Klik tombol icon di ujung kotak isian 'Applies to' kemudian sorot sel A2:A12 lalu tekan tombol Enter dan klik OK. Dalam hal ini, kolom 'menit' tidak ikut tersorot karena fungsi TRIM tidak akan dapat digunakan pada jenis sel bilangan, sehingga perintah Conditional Formatting memungkinkan untuk menandai seluruh sel bilangan tersebut. 
Jika anda ingin menyorot tabel untuk menerapkan rumus dengan mengecualikan sel bilangan melalui Conditional Formatting, maka anda dapat menggunakan contoh rumus NOT dan ISNONTEXT berikut:
=IF(NOT(ISNONTEXT(A2)),A2<>TRIM(A2))
Selanjutnya anda dapat memperbaiki kata pada sel-sel yang telah ditandai warna sel dengan cara menghapus kelebihan simbol spasi dengan mudah dan tepat.